ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 7, No 1 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Efektivitas Media Pom-Pom dalam Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Usia 4-5 Tahun (Kelompok A)

Waty, Anita Kresna (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini termotivasi dari rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung karena kurangnya media dan metode pembelajaran yang tepat. Untuk melihat pengaruh penggunaan media dan metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa, peneliti menggunakan media pom-pom dalam metode bermain. Metode penelitian adalah eksperimen pree. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelompok desain pretest-posttest. Populasi penelitian semua siswa RA Baitussalam. Sampel adalah siswa kelompok A. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar kerja anak, dan lembar observasi. Ini berdasarkan hasil Uji Hipotesis menggunakan t-test t hitung 3.88> t tabel 2,12. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pom-pom memiliki efek pada kemampuan menghitung awal anak. Karena penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik bagi anak akan memudahkan guru dalam mengaplikasikan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, diharapkan bahwa guru RA / TK / PAUD menjadi lebih kreatif, inovatif dalam penggunaan media dan metode pembelajaran yang digunakan. Dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2019