Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 1 (2019)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI

Surya Sapto Nugroho (Universitas Jenderal Soedirman)
Sri Lestari (Unknown)
lina rifda naufalin (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan, peneliti di sini sebagai pengamat dan guru sebagai aktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dalam rangka meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 36 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian menunjukkan peningkatan hasil mata pelajaran ekonomi pada siklus 1 ke siklus 2. Ketuntasan belajar siklus 1 mencapai 61,11%, sedangkan ketuntasan belajar siklus 2 mencapai 80,56%. Jadi, dapat dijelaskan bahwa siklus 2 akan berhasil mencapai indikator penelitian jika ketuntasan belajar telah mencapai 75% dari total siswa IPS 1.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

equilibriapendidikan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal " Equilibria Pendidikan" (P-ISSN: 2548-6535; E-ISSN: 2615-6784).This journal published every May and November. Articles published contain scientific research results and the results of a study of books in the fields of applied economics and economic ...