Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
Vol 3 No 1: Februari 2017

Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung

Mohammad Nugraha, Nugi (Unknown)
Anwar, Asep (Unknown)
Priadana, M. Sidik (Unknown)
Firdaus, Oktri Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan di latar belakangi bahwa komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung belum optimal. Belum optimalnya komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung tersebut, diduga karena kepuasan pasien yang masih rendah, dan rendahnya kepuasan pasien diduga disebabkan oleh Citra dan Kualitas Layanan yang masih rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan analisis kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisa Data dengan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra berada pada kategori cukup baik, kualitas layanan berada pada kategori cukup baik, kepuasan pasien berada pada kategori cukup baik, dan komunikasi pemasaran berada pada kategori cukup baik. Pengaruh secara simultan citra, kualitas layanan terhadap kepuasan pasien Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung, adalah sebesar  59,9 sisanya sebesar  40,1 % ditentukan oleh variabel lain. Pengaruh kepuasan pasien terhadap komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung adalah sebesar  71,2 % dan sisanya sebesar  28,8 % ditentukan oleh variabel lain.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtmi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan ...