JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools)
Vol 8 No 2 (2017): JURNAL Manajemen Tools

FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI INTENSITAS PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BINJAI

Mulkanuddin Ritonga (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2018

Abstract

Para pengusaha UKM khususnya pada olahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai banyak mengeluhkan minimnya pendapatan operasional yang dihasilkan. Harga yang dijual terkadang tidak sebanding dengan tingginya harga bahan baku. Belum lagi biaya tenaga kerja dan faktor cuaca yang turun menambah beban operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali faktor manajemen biaya dan manajemen pemasaran melalui intensitas produksi terhadap pendapatan operasional. Populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu para pelaku usaha industri rumahaan pengolahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai denganmenarik sampel menggunakan teknik probability sampling berjumlah 104 pelaku usaha. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam menjalankan kegiatan usahaanya mencapai pendapatan yang optimal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap intensitas produksi. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan melalui intensitas produksi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JUMANT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Tools adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Manajemen. Terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang ...