JUMAN Tools (Jurnal Manajemen Tools)
Vol 9 No 1 (2018): JURNAL Manajemen Tools

PENGARUH ANIMASI FILM TERHADAP PENCAPAIAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF

Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah film animasi berpengaruh signifikan terhadap pencapaian siswa dalam menulis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Dharmawangsa Medan dan total sampel adalah 70 siswa. Dua kelas dipilih melalui sampling acak dengan menggunakan teknik lotere. Satu kelas digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas lain sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan film animasi sedangkan kelompok kontrol diajar dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Data dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil komputasi t-test jelas menunjukkan bahwa t-observed lebih tinggi dari t-tabel (3,24> 1,67) dengan derajat kebebasan 68 (df = N-2) pada tingkat signifikansi 0,05 satu uji ekor. Ini menunjukkan bahwa aplikasi film animasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa dalam menulis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JUMANT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Tools adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Manajemen. Terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang ...