Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik
Vol 8 No 2 (2018): JURNAL Akuntansi Bisnis dan Publik

DETERMINAN CLIENTELE EFFECT THEORY DAN SIGNALING THEORY DALAM MEMPREDIKSI DIVIDEN (STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Pipit Buana Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji apakah berdasarkan clientele effect theory yaitu leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan serta signaling theory yaitu profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaanotomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan 11 perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dengan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan regresi panel. Uji F dan uji t digunakan dalam menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa clientele effect theory dan dan signaling theory yaitu leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap divident payout ratio, serta likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap divident payout ratio dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akuntansibisnisdanpublik

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik adalah media publikasi Kajian Konseptual dan praktis berupa Telaah Teoretis maupun hasil-hasil penelitian empiris yang membahas bidang Akuntansi. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti dan praktisi dibidang Manajemen untuk mengirimkan naskah yang akan ...