Kegagalan pengereman lebih dikenal sebagai kegagalan rem disebabkan oleh banyak faktor, tetapi salah satu faktor adalah karena kelebihan panas yang terjadi dalam kondisi pengereman optimal ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan jarak tempuh yang cukup. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil simulasi tegangan termal saat pengereman, di area khusus sepatu rem dengan ketebalan 8 mm. Namun, ini tidak mungkin sepatu rem dianalisis secara manual karena sepatu rem memiliki banyak simpul, bahkan hingga ribuan simpul. Jadi kita perlu dukungan perangkat lunak penyelesaian metode elemen hingga MSC. NASTRAN V9 untuk mensimulasikan distribusi distribusi temperatur pada sepatu rem untuk memudahkan analisis. Tegangan thermal yang terjadi pada sepatu rem dengan ketebalan 8 mm dalam penelitian ini bahwa desain sepatu rem model 2 memiliki tegangan thermal 6,1023 Mpa maksimum dan 0,1014 Mpa Minimum yang lebih rendah dibandingkan sepatu rem model 1 tegangan thermal 6,1992 Mpa maksimum dan 1,525 Mpa Minimum. Dengan selisih pengujian maksimum sebesar 1,56 % dan minimum sebesar 93,35 %.
Copyrights © 2019