Tauco merupakan makanan tradisional Indonesia yang dibuat dari bahan utama kedelai dan bahan lainnya yang diolah memalui proses fermentasi kapang dan fermentasi garam. Di Cianjur terdapat kurang lebih sembilan perusahaan yangsalah satunya sudah beroperasi selama 46 tahun dan terus menunjukan eksistensinya sebagai produsen tauco di kota Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi remaja, remaja muda dan anak-anak dalam mengkonsumsi tauco di Cianjur. Penelitian ini menggunakan empat variabel yang berkaitan dengan tauco diantaranya variabel rasa, variabel pengetahuan, variabel frekuensi konsumsi dan minat konsumsi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik uji organoleptic. Data dikumpulkan dengan teknik Stratified Sampling. Responden yang terlibat sebanyak 106 orang, terdiri dari siswa dari jenjang sekolah SMK, SMP, dan SD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsumen usia remaja (siswa SMK), untuk variabel rasa lebih menyukai rasamanis, untuk variabel pengetahuan secara garis besar mereka “tahu”, sedangkan untuk variabel frekuensi konsumsimenunjukan kategori “jarang”; (2) konsumen usia remaja muda (siswa SMP),untuk variabel rasa lebih menyukai rasa gurih, untuk variabel pengetahuan secara garis besar “tahu”, sedangkan untuk variabel frekuensi konsumsi menunjukan “jarang”; (3) Konsumen usia anak-anak (tingkat SD), untuk variabel rasa lebih menyukai rasa gurih, untuk variabel pengetahuan secara garis besar “tahu”, sedangkan untuk variabel frekuensi konsumsi menunjukan “jarang”. Berdasarkan hasil penelitian ini, preferensi konsumsi tauco terancam hilang karena umumnya responden “jarang”mengkonsumsi tauco. Akan tetapi dilihat dari segi pengetahuan masih ada harapan untuk untuk melestarikan aucokarena fakta menunjukkan bahwa kalangan remaja, remaja muda dan anak-anak memiliki pengetahuan akan keberadaan tauco. Agar dapat merubah pola konsumsi “jarang” menjadi “sering”, maka kepada industri tauco disarankan agar mereka tidak hanya memasok ke toko-toko manisan tetapi juga memasok ke warung-warung yang berada di sekitar lingkungan masyarakat sehingga pembeli mudah mendapatkan tauco tersebut.
Copyrights © 2015