Perkembangan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) yang dilaksanakan pada perusahaan ritel Indonesia masih terbilang rendah. Hal tersebut karena kurangnya kesadaran perusahaan untuk mengungkapkan informasi kegiatan CSR. Dalam perusahaan ritel yang terdaftar di BEI pengungkapan CSR dianggap penting bagi investor, stakeholder, dan perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility. Variabel yang diteliti berupa ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan umur perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 72 sampel penelitian dari 18 perusahaan dari perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Copyrights © 2018