Kajian Akuntansi
Volume 19, No. 1, 2018

Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekansme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

Siti Jasmine Dwi Santosa (Prodi akuntansi Telkom University)
Leny Suzan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Transfer pricing merupakan suatu kebijakan perusahaan dalam menentukan harga dari transaksi antar anggota divisi dalam satu perusahaan maupun antar anggota divisi antar dua perusahaan baik didalam negeri maupun diluar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Keputusan transfer pricing dalam penelitian ini menggunakan indikator dummy.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Sedangkan secara parsial pajak dan tunneling incentive berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kajian_akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kajian Akuntansi Universitas Islam Bandung terbit dua kali dalam setahun, mempublikasikan tulisan-tulisan dalam bidang akuntansi dan keuangan yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik akuntansi di Indonesia, khususnya dan dunia pada ...