Cendekia Journal of Pharmacy
Vol 2, No 1 ( Mei 2018) : Cendekia Journal of Pharmacy

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS FASKES I (RAWAT JALAN) DI UNIT FARMASI PUSKESMAS DAWE KAB. KUDUS TAHUN 2018

Yulia Pratiwi (STIKES Cendekia Utama Kudus)
Shofianawati Shofianawati (STIKES Cendekia Utama Kudus)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2018

Abstract

BPJS kesehatan merupakan badan hukum yang bertujuan untuk melaksanakan program jaminan kesehatan agar pasien mendapat perlindungan dan memelihara kesehatan dan dilaksanakan di puskesmas untuk tingkat pertama. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan dan informasi obat di puskesmas Dawe serta menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan informasi obat terhadap kepuasan di puskemas Dawe. Pengambilan sumber data primer melalui kuosiner dan data sekunder melalui kajian literature. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan informasi obat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan dan Informasi obat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS, disarankan petugas instalasi farmasi untuk tetap mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan infromasi obat sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Kata Kunci  : BPJS, Kualitas Pelayanan, Informasi Obat, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cjp

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Cendekia Journal of Pharmacy published by the Program Studi Farmasi STIKES Cendekia Utama Kudus with registered number ISSN 2599-2163 (Print) and for ISSN (Online) is 2599-2155. This journal is published twice a year, in November and May. ...