CERATA Jurnal Ilmu Farmasi
Vol 1, No 1 (2010)

KERASIONALAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU PKU MUHAMMADIYAH DELANGGU

-, Muchson (Unknown)
O.K, Yetti (Unknown)
Wandira, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2015

Abstract

Penggunaan antibiotik pada pasien anak yang terdiagnosis ISPA perlu mendapat perhatian agar tidak terjadi ketidakrasionalan penggunaan antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional akan menyebabkan masalah resistensi dan menambah biaya pengobatan.Tujuan penelitian untuk mengetahui pola penggunaan antibiotik pada anak penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Di Instalasi Rawat Jalan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu.            Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan waktu retrospektif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebesar 98 rekam medik anak pasien rawat jalan yang terdiagnosis ISPA. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu sudah rasional. Kerasionalan meliputi jenis antibiotik, variasi jumlah antibiotik, cara pemberian, bentuk sediaan, dosis dan frekuensi pemberian. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan antibiotik di rumah sakit tersebut adalah frekuensi pemberian dan dosis Kotrimoksasol serta lama pemberian antibiotik.            Kesimpulan menunjukkan bahwa 76,19 % penggunaan antibiotik di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu sudah rasional. Kata Kunci : Antibiotik, ISPA, Anak

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

cerata

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

CERATA Jurnal Ilmu Farmasi is a collection of publication journals, covering a lot of common problems or issues related to the Pharmaceutical sciences, including Pharmacetics, Biopharmacy, Drug Delivery Systems, Pharmaceutical Physics, Pharmaceutical Chemistry, Pharmaceutical Technology, ...