Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 2, No 2 (2018): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed

STRATEGI PROMOSI “BERBASIS DAKWAH” MAJALAH NOOR

Syibil Yusrina Putri (Universitas Telkom)
Mohd Hussein Nawawi (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada majalah NooR yang berlokasi di Jl. Karang Pola VI No.7A Pasar Minggu – Jakarta 12540. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apa dan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh majalah NooR dengan menggunakan apa yang mereka sebut dengan strategi promosi „berbasis dakwah‟. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara lima orang yang dijadikan informants penelitian, studi pustaka, serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat strategi promosi NooR memaksimalkan dengan menyelenggarakan event. Salah satu event yang diadakan secara rutin tiap tahunnya adalah Lomba Rancang Busana Muslimah (LRBM). Tiga tahun terakhir LRBM dijadikan sebagai salah satu acara bergengsi Indonesia Islamci Fashion Fair (IIFF) bekerja sama dengan Indonesia Islamic Fashion Concortium (IIFC). Kunci strategi majalah NooR dalam mengadakan event adalah melobi pihak-pihak yang berpengaruh di dunia fesyen terutama fesyen islami. Hal ini diharapkannya dapat mencapai strategi yang low budget dan high impact. Kesimpulan dari peneltian ini mengungkapkan bahwa dalam perencanaan strategi promosi dengan mengadakan event penting untuk melobi atau mempersuasi pihak-pihak yang berpengaruh terkait dengan keberhasilan acara tersebut. Pemasar harus pintar dalam memilah pihak untuk bekerja sama untuk menunjukkan konsistensi terhadap image perusahaan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...