Communication
Vol 7, No 1 (2016): COMMUNICATION

HUBUNGAN SOSIALISASI SOCIOPRENEURSHIP DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP WIRAUSAHA PARTISIPAN PADA FORUM KREATIF JATINANGOR

ARINA QONITA (Prodi Humas, Fikom Unpad, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor)
ROSNANDAR ROMLI (Prodi Humas, Fikom Unpad, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor)
HERU RYANTO BUDIANA (Prodi Humas, Fikom Unpad, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sosial yang semakin kritis diJatinangor dengan adanya pembangunan usaha secara terus menerus yang berdampak terhadapkemiskinan dan ketidaksejahteraan masyarakat di Jatinangor. Forum Kreatif Jatinangor sebagaipihak yang peduli terhadap kondisi Jatinangor melakukan upaya dengan membuat kegiatanyang dapat mengatasi permasalahan sosial tersebut, antara lain dengan membentuk The LocalEnablers (Pemberdaya Lokal) berupa kegiatan pembentukan sikap wirausaha denganmenerapkan konsep Sociopreneurship didalam usahanya dan melakukan sosialisasiSociopreneurship pada setiap kegiatan Kamis Sharing Forum Kreatif Jatinangor. Upaya tersebuttidak terlalu berdampak positif dilihat dari belum banyaknya wirausaha yang benar-benarmenerapkan unsur sosial sehingga lebih terkesan seperti wirausaha bisnis saja. Tujuan dariJournal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 89penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara SosialisasiSociopreneurship oleh Forum Kreatif Jatinangor dengan sikap partisipan kegiatan KamisSharing terhadap kewirausahaan di lingkungan Jatinangor, dan faktor apa saja yangmenyebabkan jalur sentral serta jalur periferal dalam menyampaikan pesan persuasi tersebuttidak menghasilkan sikap seperti yang diharapkan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatankuantitatif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah Teori ElaborationLikelihood Model (ELM) yang dikemukakan oleh Richard E. Petty dan John T. Cacioppo.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasipartisipan, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini mengambil sampel 77 orang yangdiperoleh dengan teknik sampling acak sederhana. Teknik analisis yang digunakan adalahanalisis deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup berarti antaraSosialisasi Sociopreneurship pada kegiatan Kamis Sharing dengan sikap partisipan terhadapkewirausahaan di lingkungan Jatinangor. Kesimpulan penelitian ini adalah jalur sentral dan jalurperiferal dalam Sosialisasi Sociopreneurship dapat membentuk hubungan terhadap sikapmasyarakat terhadap kewirausahaan di lingkungan Jatinangor. Saran yang dapat di berikanuntuk penelitian ini, yaitu pesan yang disampaikan dalam Sosialisasi sebaiknya dibentuk untuklebih dapat membentuk hubungan terhadap pengetahuan masyarakat karena aspek inilah yangmerupakan awal dari pembentukan sikap dan biasanya dapat memberikan efek yang mendalamyang menuntun komunikan untuk bereaksi terhadap objek sikap.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

comm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Communication published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of Communication Sciences and its relation to various other scientific ...