Communication
Vol 5, No 2 (2014): COMMUNICATION

KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN KOMERSIAL

MUHAMMAD HASYIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi realitas sosial budaya atas produkkomersial yang diiklankan melalui media televisi. Kontruksi sosial budaya atas produkdipandang sebagi tanda, seperti halnya bahasa sebagai tanda verbal, sehingga usahamedia iklan mengkonstruksi makna sosial budaya yang melekat pada diri produkmenjadi tanda yang berstruktur dalam pikiran konsumen. Menggunakan pendekatankualitatif, data yang dikumpulkan melalui hasil rekaman iklan-iklan komersial televisi.Penelitian menggunaan tinjauan semiotika Barthes sebagai metode untuk menganalisislapisan-lapisan pemaknaan sebagai realitas tanda (realitas denotasi, konotasi dan mitos).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengiklan telah melakukan berbagai cara persuasifuntuk menggiring konsumen untuk menggunakan produk yang dipromosikan, sehinggafungsi iklan yang dilakukan oleh produsen tidak menekankan pada fungsi ataukegunaan produk tetapi fungsi sosial budaya yang dikonstruksi, bagaimana menjaditanda yang berstruktur, dan alamiah seperti halnya bahasa yang digunakan dalamberkomunikasi. Pesan-pesan iklan telah menjadi konsumsi makna sosial budaya bagikonsumen yang kemudian diaplikasikan makna-makna tersebut ke dalam kehidupansosial budaya sebagai suatu hal wajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

comm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Communication published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of Communication Sciences and its relation to various other scientific ...