Avant Garde
Vol 2, No 2 (2014): AVANT GARDE

PERSPEKTIF KRITIS EKONOMI POLITIK MEDIA Konglomerasi, Regulasi Dan Ideologi

Hendra Alfani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2014

Abstract

Ekonomi politik media adalah kajian yang muncul atas pertimbangan bahwa keberadaanmedia dalam beragam faktor seperti kepemilikan, diversity media dan isi, pengelolaan media,konsumsi media, dan lain-lain mempunyai keterkaitan secara integral dengan politik danekonomi. Istilah “ekonomi politik media” merupakan istilah generik yang digunakan secaraluas untuk mengkombinasikan kerangka teoritik komunikasi dengan kerangka teoritik politikdan ekonomi. Keterikatan pada dimensi ekonomi dan politik menjadikan informasi menjadiajang yang rentan terhadap pengaruh keduanya. Sebagai entitas yang dikonstruksi media, apayang disebut sebagai ’informasi’ acapkali merepresentasikan kepentingan ekonomi sekaliguspolitik tertentu.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

avantgarde

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Avant Garde : Jurnal Ilmu Komunikasi is scientific journal published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year on Juni & December. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of ...