Penggunaan humor sebagai daya tarik iklan semakin populer di berbagai media baik elektronik mau pun cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan humor dalam video “temen sok Inggris”, mendeskripsikan kecocokan penggunaan humor untuk produk W‟Dank Bajigur, mendeskripsikan kecocokan media YouTube sebagai media penyalur iklan humor, dan untuk mengetahui pendapat dan reaksi penonton mengenai penggunaan humor dalam video “temen sok Inggris”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian straussiangrounded theory. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yang terdiri dari: membuatsari pati wawancara, membentuk kategori-kategori jawaban, membentuk pola jawaban, pengidentifikasian pola dan konsep, dan tahap pembentukan proposisi dan teori mini.Penelitian ini menemukan bahwa video iklan “temen sok Inggris” tidak secara jelas memberi pesan iklan yang dominan. Secara struktural elemenpesan yang ada dalam video sudah menyatu dengan humor. Pesan-pesan yang ada dalam video disusun menurut pola tertentu, namun pesan-pesan lucu tersebut tidak terkait dengan produk, hanya pada saat-saat terakhir dimunculkan merek W‟dank Bajigur.Kata Kunci: Penggunaan Humor, Iklan, Media Sosial
Copyrights © 2018