Penelitian ini adalah strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebut strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketelitian dan rata-rata hasil belajar siswa, serta peningkatan kemampuan siswa yang signifikan setelah menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian ini adalah Titi Kuning 067952 SD Negeri Medan. Hal ini didasari oleh rendahnya tingkat melek huruf dan kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067952 Medan Titi Kuning yang berjumlah 27 orang, dan objeknya adalah penggunaan strategi pengajaran PQ4R dalam Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes lapangan dan lembar observasi. Berdasarkan analisis yang telah dipelajari diperoleh peningkatan hasil siklus I dari 74,07 menjadi 85,19 pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 80,00 dan 67,78 menjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa setelah menggunakan strategi PQ4R.
Copyrights © 2018