Tonil, Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema
Vol 14, No 1 (2017): MENYOAL PENCIPTAAN TEATER

Aktor Menurut Uta Hagen

santosa, eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2019

Abstract

Uta Hagen (1919 – 2004) adalah seorang aktris dan praktisi teater Amerika. Memulai karirnya dari panggung Broadway dan begitu memesona dalam pertunjukan “Whos’s Afraid of Virginia Woolf?” karya lakon Edward Albee. Karena kehebatan seni perannya tersebut ia dijuluki sebagai aktris terpercaya. Hagen kemudian melangkahkan kakinya ke Hollywood dan membintangi beberapa film. Namun karena persoalan pilihan politik ia memilih melanjutkan karirnya di panggung. Perjalanan karir Hagen mengarahkannya menjadi guru atau pelatih teater di Studio Herbert Berghof dan menuliskan 2 buku best seller-nya yaitu Respect for Acting1 dan A Challenge for the Actor2. Dalam hal pembelajaran teater, warisan besarnya berupa serangkaian latihan dengan objek yang ia bangun berdasarkan karya Stanislavski dan Vakhtangof. Hagen memiliki pandangan umum mengenai aktor yang ia tulis dalam bukunya Respect for Acting, pada bab pertama. Ia berpendapat bahwa aktor memerlukan bakat, imajinasi, pemahaman akan realitas, kehendak berkomunikasi, karakter dan etika, sudut pandang, memahami perilaku manusia, dan kedisiplinan menyeluruh. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang aktor harus berlatih dan menyempurnakan perangkat eksternalnya yaitu tubuh, suara, dan wicara serta belajar ilmu-ilmu lain dengan seksama. Pandangan umum mengenai aktor menurut Uta Hagen yang menjadi konsep dasar pemahaman tentang keaktoran ini akan sedikit diurai dalam tulisan berikut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

TNL

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Tonil: Journal of Literature, Theatre, and Cinema Studies, issn: 1411-6464 (print) and issn: 2685-8274 (online), is a scientific journal in the fields of Theatre/Arts creations & studies under the publication banner of Theatre Department, Faculty of Performing Arts in Indonesia Institute of the Arts ...