Abstrak
Dalam proses belajar, motivasi berprestasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi berprestasi tidak akan melakukan aktivitas belajar dengan efektif dan sungguh-sungguh. Motivasi berprestasi dapat terwujud bila individu memiliki komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosi. Individu tidak terlahir untuk mencapai kesuksesan dan untuk menguasai sesuatu. Orang tua yang mendorong individu untuk membantu menemukan bahwa menguasai sesuatu adalah menguntungkan. Dorongan yang diberikan orangtua kepada anaknya tentu dengan proses komunikasi interpersonal, seperti diskusi atau penghargaan berupa reward. Sedangkan individu yang cerdas secara emosi mampu memotivasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosi dengan motivasi berprestasi pada siswa komunitas home schooling Berkemas. Hipotesis alternatif (Ha) adalah ada korelasi antara komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosi dengan motivasi berprestasi pada siswa komunitas home schooling Berkemas. Populasi pada penelitian ini siswa komunitas home schooling Berkemas yang berjumlah 50 orang, dimana tehnik pengambilan sampel adalah sampling jenuh (sensus), karena populasi sama dengan sampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan multivariate correlation dengan bantuan program SPSS 15.0 diperoleh hasil penelitian dengan koefisien korelasi sebesar 0,657 dengan p
Copyrights © 2016