LIBRARIA
Vol 7, No 1 (2019): LIBRARIA

Peran Hastag (#) Dalam Social Media Sebagai Upaya Branding Pustakawan

Mustofa, Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui manfaat dalam menciptakan branding pustakawan dengan menggunakan hashtag. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur. Dalam  memanfaatkan dan membuat hashtag yang baik  ada beberapa tips, antara lain adalah: 1) Membuat hashtag dengan menggunakan kata sesederhana mungkin dan mudah diingat serta usahakan kurang dari tiga kata. 2) Jika menggunakan dua kata atau lebih maka gunakan  format “Camel Case”. Ide ini merupakan penggabungan dua kata tanpa menggunakan spasi dan penggunakan huruf kapital pada awal kata.  3) Tentukan maksud dan tujuan menggunakan hashtag, sehingga pemilihan kata untuk hashtag akan lebih familiar. Hashtag ini fungsinya untuk mengelompokkan atau mengkategorikan jenis postingan. Selain dapat digunakan sebagai branding, hashtag juga memiliki manfaat bagi pustakawan pengguna media sosial, yaitu: 1) Mempermudah semua orang menemukan postingan, 2) Mempermudah pencarian lokasi, 3) Mempermudah promosi produk, 4) Menjangkau konsumen lebih luas, 5) Mendapat banyak followers/like. Untuk  mengenalkan profil pustakawam yang profesional, ada dua cara yaitu: 1) Seorang pustakawan boleh membuat hashtag sendiri yang unik dan berbeda,  tujuannya agar dapat viral dan dikenal di dunia maya. 2) Menggunakan hashtag yang sudah pernah digunakan atau dengan sistem mengekor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Libraria

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan (ISSN 2355-0341; E-ISSN 2477-5230) is a periodical scientific journal (every semester) in June and December published by STAIN Kudus Library. This journal is expected to be a scientific vehicle in the study and thinking about the library that can provide information and ...