Tourism Scientific Journal
Vol 1, No 2 (2016): Vol. 1 No. 2

PENGARUH KUALITAS PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI BALE SENI BARLI-KOTA BARU PARAHYANGAN

Octaviany, Vany (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Jumlah kunjungan wisatawan ke Bale Seni Barli Kota Baru Parahyangan pada tahun 2013 merupakan jumlah kunjunan paling tinggi, yaitu mencapai 11.623 atau meningkat sebesar 44,2% dari tahun sebelumnya. Hal tersebut menjadi menjadi landasan bagi pihak pengelola untuk menetapkan target kunjungan yang lebih besar yaitu wisatawan diharapkan mencapai 15.000 wisatawan pada tahun selanjutnya. Akan tetapi, pada tahun 2014 peningkatan yang terjadi hanya sebesar 29%. Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi jumlah kunjungan wisatawan yang fluktuatif tersebut. Salah satu strategi yang ditempuh pihak pengelola adalah dengan meningkatkan kualitas produk pariwisata yang dimiliki. Kualitas produk pariwisata menjadi salah satu referensi bagi wisatawan dalam memilih destinasi wisata yang akan dituju yang kemudian dapat mempengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dan verifikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey, dengan jumlah sample 100 responden, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kualitas produk terhadap keputusan berkunjung yaitu sebesar 69%, dan sisanya yaitu sebesar 31% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukan bahwa kualitas produk pariwisata mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap keputusan berkunjung.Kata kunci: Kualitas Produk Pariwisata, Keputusan Berkunjung dan Bale Seni Barli-Kota Baru Parahyangan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...