Tourism Scientific Journal
Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2

PENGARUH KONTEN FOOD BLOGGER DALAM PEMILIHAN KULINER SEHAT (STUDI KASUS: FOOD BLOGGER “ANAKJAJAN”)

Kusumaningrum, Dewi Ayu (Unknown)
Wachyuni, Suci Sandi (Unknown)
Nathania, Stephanie (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2019

Abstract

Perilaku konsumen berubah seiring perkembangan teknologi khususnya teknologi internet yang menjadi keunggulan promosi atau pemasaran produk dengan menggunakan teknologi internet yang dapat disebut dengan inbound marketing. Salah satu contoh inbound marketing yaitu yang dilakukan Food Blogger yang terkenal yaitu ANAKJAJAN. Konten food blogger menjadi informasi produk yang akan disampaikan ke pengguna sosial media atau sebutan dalam instagram yaitu follower yang membaca. Sehingga mempengaruhi perilaku mereka, dalam hal ini merubah perilaku makan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrument penelitian kuesioner. Waktu penelitian bulan Mei-Juli 2018 yang dilakukan di Jakarta. Populasi yang akan diambil didalam penelitian ini adalah Followers Food Blogger ANAKJAJANsekitar kurang lebih 300.000 orang di media sosial Instagram. Penelitian ini meneliti variabel terikat yaitu pemilihan kuliner sehat (Y), sedangkan variable bebas konten food blogger (X). Pernyataan dalam kuisioner diukur menggunakan Skala Likert dan analisis dengan Program SPSS for Windows. Hasil analisis data didapatkan terdapat korelasi erat antara variabel Food blogger terhadap pemilihan kuliner makanan sehat konsumen sebesar 0,486. Hasil signifikansi pada uji T kurang dari 0,05 (0,002 dan 0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Artinya Konten Food blogger berpengaruh terhadap pemilihan kuliner makanan sehat Persentase pengaruh variabel Food blogger terhadap pemilihan kuliner makanan sehat sebesar 23,6%. Kata Kunci : pemilihan kuliner sehat, konten, food blogger, instagram

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...