Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami  peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017