Kappa Journal
Vol 1, No 2 (2017): KAPPA JOURNAL

Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Study Pendidikan Fisika Semester VI

tina, far ( Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami  peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...