Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018

KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Mimi Rosadi dan Listari (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi, serta untuk mengetahui kombinasi strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Target luaran penelitian ini diterbitkan ke dalam jurnal ilmiah dan prosiding. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan disain faktorial 2 x 3. Data hasil penelitian dianalisa secara statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum tahap inferensial diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada tahap inferensial menggunakan analisisvarians dua jalur. Yang dilajutkan dengan uji Tukey jika terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasibelajar.Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Keterampilan                       Menulis Karangan DeskripsiAbstract.  The purpose of this study was to obtain data and information, and to find out the combination of learning strategies with learning motivation in improving description writing skills. The outputs of this research are published in scientific journals and proceedings. This research method is an experiment with 2 x 3 factorial design. The results of the research data are analyzed descriptively and inferentially. Before the inferential stage begins with a test of normality and homogeneity. In inferential stage, using a two-way variance analysis. What is continued with the Tukey test if there is an interaction between learning strategies and learning motivationKeyword: Learning Strategy, Learning Motivation, and Descriptive Prose                  Writing Skills

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...