Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2017): Edisi September 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK KESEHATAN TRIDARMA PEMATANG SIANTAR

Junifer Siregar (FKIP HKBP Nommensen Siantar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan metode pembelajaran  two stay two stray. penelitian ini dilakukan diSMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa yang diambil secara cluster sampling. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretes-postes. Instrumen yang dilakukan adalah tes tertulis. Rumus yang digunakan adalah uji “t”  dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-tes = 47.9 dan skor rata-rata post-tes = 78.9. Dari analisis data dilakukan uji hipotesis penelitian dengan uji hipotesis penelitian dengan uji “t”. Dari hasil penelitian diperolehthitung = 20,24 ttabel = 2.045 pada taraf signifikan 0.05. dengan demikian, Ho ditolak dan Ha  diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat keterampilan menulis teks anekdot siswa sebelum menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan skor rata-rata dalam kategori kurang dan sesudah menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan rata-rata dalam kategori baik.Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Menulis, Teks AnekdotAbstract. This study aims to describe the ability to write anecdotal texts using the learning method of two stay two stray. this research was conducted at the Pematangsiantar Community Health Care School. The sample involved in this study consisted of 30 students taken by cluster sampling. The method used in this research is the experimental method with one-group pretest-posttest design. The instrument is a written test. The formula used is the "t" test, from the processing of data obtained the average value of pre-test = 47.9 and the post-test average score = 78.9. From data analysis, the research hypothesis test is done by testing the research hypothesis with the "t" test. From the results of the study obtained thitung = 20.24 t table = 2.045 at a significant level of 0.05. thus, Ho is rejected and Ha is accepted. Then it can be concluded that there is a significant difference in the level of anecdotal text writing skills of students before using the Two Stay Two Stray method with the average score in the less category and after using the Two Stay Two Stray method with the average in the good category. Keywords: Two Stay Two Stray Learning Models, Writing, Anecdotal Texts

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...