SENSITEK
2018: Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK)

Self-Service Technology Berbasis Smartphone Device pada Sistem Pemesanan Menu Makanan

I Dewa Ayu Eka Yuliani (STMIK Pontianak)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2018

Abstract

Konektivitas dan respon instan telah menjadi sebuah kebutuhan pelanggan sehingga menjadi salah satu kunci sukses bersaing dibanyak bisnis kuliner. Self-service technology adalah contoh dari pelayanan konsumen yang dioptimalkan sehingga memberikan pelanggan lebih banyak kontrol di tangan mereka sendiri dibanding sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi self-service technology berbasis smartphone device yang dapat memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memesan menu makanan dari meja mereka masing-masing tanpa keterlibatan pelayan untuk mencatat pesanan mereka. Penelitian berbentuk studi kasus dengan metode penelitiannya adalah Research & Development. Metode perancangan perangkat lunak menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang merupakan sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan melalui keterlibatan pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung ke Pemilik Bisnis, Executive Chef, Expenditer, Pramusaji (Waiter), dan Kasir. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi Self-service technology yang dapat dipergunakan konsumen untuk memesan menu sendiri tanpa campur tangan pelayan langsung. Penelitian dapat memberikan konstribusi kepada pemilik bisnis yang berorientasi pada pelayanan konsumen dalam meningkatkan pelayanan yang baik. Kata kunci: Self-service Technology, Smartphone Device, Pemesanan Makanan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sensitek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Dalam rangka meningkatkan minat publikasi ilmiah di kalangan akademisi maupun praktisi dibidang teknologi informasi dan multimedia, STMIK Pontianak menyelenggarakan Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK) 2018. ...