Penelitian ini merupakan pengembangan metode dan strategi pembelajaran. Tujuan Penelititan Tindakan Kelas ini adalah :1) Untuk mengetahui hal apa saja yang dianggap penting oleh mahasiswa dalam belajar; 2) Untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa dalam mempelajari Manajemen Strategis; 3) Mengevaluasi apakah pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah pada mata kuliah Manajemen Strategis. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi khususnya pada kelas Manajemen A dengan jumlah siswa 86 orang, pada saat mata kuliah Manajemen Strategis berlangsung.Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan strategi Problem Based Learning (PBL), mahasiswa mempunyai tingkat kedisiplinan yang cukup tinggi dalam perkuliahan ini. Berdasarkan analisis baik proses maupun output pembelajaran, strategi PBL pada mata kuliah Manajemen Strategis mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah pada mata kuliah Manajemen Strategis. Hal ini dapat dilihat dari indikator baik proses maupun output yang sesuai atau bahkan melebihi target yang diharapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014