R.S. QADR adalah rumah sakit swasta kelas C, yang memiliki 101 tempat tidur rawat inap, berlokasi di Karawaci Tangerang. Kondisi R.S. QADR teridentifikasi mempunyai permasalahan adanya penurunan kunjungan pasien rawat inap yang signifikan tiga tahun terakhir periode tahun 2009 – 2011. Penurunan jumlah pasien ini, diduga karena pelayanan yang diberikan kepada pasien kurang memuaskan, sehingga citra rumah sakit tidak terbentuk dengan baik dibenak pasien. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui posisi R.S. QADR berdasarkan persepsi pasien dan manajemen. Metode penelitian yang digunakan observasional:deskritif komparatif, dan tehnik pengambilan sampel porposive sampling,denganjumlah 100 pasien rawat inap. Analisis penelitian secara deskritif dan correspondence analysis menggunakan ANACOR run syntax dari SPSS 19. Kesimpulan penelitian: menurut persepsi pasien, posisi R.S. QADR ditentukan oleh atribut: assurance, dan emphaty dari variabel kualitas pelayanan, sertaatribut tanggap dari variabel komunikasi teraupeutik. Tetapi posisi R.S. QADR berdasarkan persepsi manajemen ditentukan oleh atribut: responsiveness dari variabel kualitas pelayanan dan popular dari variabel citra rumah sakit. Perbedaan persepsi pasien dengan manajemen tentang atribut penentu posisi R.S. QADR, dikarenakan manajemen kurang memperhatikan dan menanggapi keinginan pasien. Untuk itu diharapkan pihak manajemen bisa lebih mengetahui lagi keinginan pasien dengan melalui survey pelanggan, agar kepuasan pasien terpenuhi
Copyrights © 2014