Jurnal Pilar Nusa Mandiri
Vol 14 No 2 (2018): Pilar Nusa Mandiri : Journal of Computing and Information System Periode Septemb

CLUSTERING KESETIAAN PELANGGAN DENGAN MODEL RFM (RECENCY, FREQUENCY, MONETARY) DAN K-MEANS

Sandi, Tommi Alfian Armawan (Unknown)
Raharjo, Mugi (Unknown)
Putra, Jordy Lasmana (Unknown)
Ridwan, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Bisnis merupakan kegiatan yang tidak pernah berhenti, segala sesuatu yang menjadi peluang usaha pun dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan kepada pelaku bisnis, semakin maju dan berkembangnya dunia usaha, membuat sebagian dari pebisnis gulung tikar, banyak faktor yang membuat mereka kesusahan dalam mempertahankan bisnisnya, diantaranya adalah pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pelanggan potensial dan loyal kepada pelaku usaha, pelanggan yang potensial ditentukan dengan segmentasi pelanggan. Model RFM (Recency, Frequency, Monetary) digunakan untuk mencari atribut yang cocok untuk segementasi pelangan dan melalukan klastering menggunakan algoritma K-Means, model yang di keluarkan oleh K-Means pelanggan yang potensial memiliki nilai frekuensi yang besar. Menggunakan Davies bouldin index untuk membantu tingkat akurasi pada data klister.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pilar

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Pilar merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi sistem informasi STMIK Nusa Mandiri. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah yang bertemakan: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pakar, Sistem Penunjang, Keputusan, Perancangan Sistem Informasi, Data Mining, Pengolahan ...