Sosiohumanitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 21 No 1 (2019): Maret 2019

SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK ANALISA INTERAKSI USER DI MEDIA SOSIAL MENGENAI BISNIS E-COMMERCE

Made Kevin Bratawisnu (Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Andry Alamsyah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Bisnis e-commerce memerlukan promosi dalam memperkenalkan produk yang dimilikinya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media sosial. Terdapat banyak informasi yang disediakan di media sosial, salahsatunya adalah User Generated Content (UGC). UGC adalah jejak rekam user di media sosial yang dapat dilihat oleh user lainnya. Diperlukan analisis media sosial untuk melihat pola interaksi antara perusahaan denganpelanggannya dari UGC yang banyak tersebar di media sosial. Hal ini dapat dijadikan insight bagi perusahaan dalam membantu pemasaran produk di media sosial. Metode yang digunakan dalam menganalisis pola interaksi dari UGC yang ada di media sosial adalah Social Network Analysis (SNA). Pemodelan jaringan sosial dapat membantu bisnis e-commerce untuk memahami pola interaksi yang terjadi di media sosial.. Hasil temuan dalam penelitian memperlihatkan bahwa jaringan sosial yang lebih unggul adalah jaringan sosial interaksi mengenai Lazada. Penelitian juga memperlihatkan pemeran kunci bagi masing-masing e-commerce.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosiohumanitas

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sosiohumanitas Journal aims to provide scientific information on the results of research, which is focused on the professional practice of education, development of children education and case studies. It's key mission is to keep professionals, students, and researchers informed about recent issues ...