Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran efikasi diri, optimisme, serta dukungandosen pembimbing terhadap stres mahasiswa yang menyusun skripsi. Subjek terdiri dari 65mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan telah melaksanakan proses bimbingan dengan dosenpembimbing skripsi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) semakin tinggi efikasidiri dengan mengontrol optimisme dan dukungan dosen pembimbing, semakin rendah stresmahasiswa yang menyusun skripsi; (2) semakin tinggi optimisme dengan mengontrol efikasi diri dandukungan dosen pembimbing, semakin rendah stres mahasiswa yangmenyusun skripsi; dan (3)semakin tinggi dukungan dosen pembimbing dengan mengontrol efikasi diri dan optimisme,semakin rendah stres mahasiswa yang menyusun skripsi. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan(1) ada korelasi negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan mengontrol optimisme dandukungan dosen pembimbing dan stres mahasiswa yang menyusun skripsi (r = -0,357, p <0,01); (2)Tidak ada korelasi yang signifikan antara optimisme dengan mengontrol efikasi diri dan dukungandosen pembimbing, dan stres mahasiswa yang menyusun skripsi (r = -0,101; p>0,05); dan (3) Adakorelasi negatif yang signifikan antara dukungan dosen pembimbing dengan mengontrol efikasi diridan optimisme, dan stres mahasiswa yang menyusun skripsi (r = -0,233;p < 0,05). Sumbanganvariabel efikasi diri, optimisme, dan dukungan dosen pembimbing terhadap penurunan stresmahasiswa yang menyusun skripsi masing-masing sebesar 12,745%, 1,02%, dan 5,429%.
Copyrights © 2015