Kinerja pembimbing praktek klinik yang optimal akan berkontribusi menghasil  lulusan  pendidikan  keperawatan  yang dapat  dipergunakan  menjadi tenaga profesional bidang keperawatan.  Namun saat ini masih dijumpai adanya kendala mengenai lulusan pendidikan keperawatan. Kegiatan pembelajaran praktek klinik sangat penting bagi mahasiswa program pendidikan keperawatan. Pembelajaran klinik merupakan jantungnya  proses pendidikan  pada program  pendidikan  keperawatan. Kinerja  pembimbing  praktek  klinik dipengaruhi  kompetensi  profesional yang dimiliki, motivasi berprestasi yang dapat mendorong perilaku pembimbing praktek klinik dalam proses pembelajaran praktek. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui  pengaruh  kompetensi  dan  motivasi  pembimbing  klinik  terhadap  kinerjanya  dalam  membimbing  praktek  klinik di RSUD Kabupaten Garut. Jenis  penelitian  ini adalah  penelitian  deskriptif  analitik  non  exsperimen dengan pendekatan yang dipergunakan adalah cross sectional. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji statistik variabel kompetensi pembimbing klinik terhadap  kinerja pembimbing  praktek klinik diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 1,164, artinya setiap kenaikan 1% kompetensi pembimbing klinik akan diikuti dengan kenaikan kinerja pembimbing praktek klinik sebesar 1,164 % karena parameter pada nilai koefisien tersebut positif. Pada uji t diperoleh nilai t hitung 8,024 > 2,423 t tabel dengan tingkat kepercayaan 99%  atau α  = 1 %. Sehingga  dapat  menunjukkan  adanya  pengaruh  positif  dan  signifikan kompetensi pembimbing klinik terhadap kinerja pembimbing praktek klinik.
Copyrights © 2018