Linguistik Indonesia
Vol 37, No 2 (2019): Linguistik Indonesia

KETERAMPILAN NARASI SISWA TULI PADA TINGKAT MIKRO

Alies Poetri Lintangsari (Universitas Brawijaya)
Wahyu Widodo (Universitas Brawijaya)
Rachmawati Ayu Kuswoyo (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Anak tunarungu sebagian besar, menggunakan bahasa isyarat sebagai bahasa pertama mereka. Di sisi lain, mereka diharuskan mampu menulis dengan baik dan benar untuk mampu berkomunikasi dalam proses pembelajaran, baik komunikasi dengan guru maupun sesama teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan anak-anak tunarungu di tataran paragraf, khususnya dalam menulis narasi. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas 2 sampai kelas 6 SDLB YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua instrumen: (1) film bisu The Pear Story ‘kisah buah pir’ yang digunakan untuk memancing subjek untuk menarasikan apa yang telah dilihat, dan menuliskan film tersebut dalam bentuk paragraf narasi, (2) narrative scoring guidelines ‘panduan penilaian narasi’ yang mengukur keterampilan narasi pada tingkat mikro struktur meliputi kohesi naratif, kohesi referensial, penggunaan konjungsi, pembentukan kata-kata gramatikal, dan piranti-piranti naratif. Harapannya hasil penelitian ini mampu mengungkap ketimpangan penelitian yang masih belum tergali dan mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi siswa Tuli.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

linguistik_indonesia

Publisher

Subject

Description

Linguistik Indonesia is published by Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI). It is a research journal which publishes various research reports, literature studies and scientific writings on phonetics, phonology, morphology, syntax, discourse analysis, pragmatics, anthropolinguistics, language and ...