Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 1, No 1 (2018)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah

Norhayati Norhayati (Unknown)
H. Hasanuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
H. Hartono (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
27 May 2018

Abstract

Masih terbatasnya media pembelajaran berbasis komputer yang digunakan dalam proses pembelajaran disekolah maka salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al – Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Al – Muttaqin Pekanbaru dan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis CTL dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses praktikalitas oleh siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil uji validitas teruji dengan tingkat kevalidan 88,70% (sangat valid), tingkat kepraktisan kelompok kecil yaitu 84,38% (sangat praktis), tingkat kepraktisan kelompok terbatas yaitu 90,10% (sangat praktis) serta tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 86,82% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tinggi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...