Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 1, No 3 (2018)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Group Investigation untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Erdawati Nurdin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)
Risnawati Risnawati (UIN Suska Riau)
Mirse Ayurila (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini mengembangkan suatu media pembelajaran berupa lembar kerja siswa berbasis group investigation. Pengembangan LKS berbasis Group Investigation ini bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi segitiga. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 SMPN 4 Siak Hulu, yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Analisis terhadap data yang diperoleh dari angket menunjukkan bahwa LKS berbasis Group Investigation telah valid dan praktis untuk digunakan. Hasil uji t menyimpulkan bahwa LKS ini efektif untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. LKS berbasis Group Investigation ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VII pada materi segitiga. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...