Berbicara tentang pelayanan tidak terlepas dari pengelolaan sumber daya manusia sebagai penghantarnya. Organisasi yang dapat bertahan dan menang dalam persaingan adalah organisasi yang mampu mengelola sumber daya (resources) yang dimiliki. Sumber daya manusia adalah merupakan salah satu faktor kunci untuk membangun suatu keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Hal ini menunjukan bahwa sumber daya manusia melalui kemampuannya berperilaku dalam memberikan pelayanan tidak boleh diabaikan. Efektifitas pengelolaan organisasi di bidang jasa ditunjukkan oleh kemampuan memberikan pelayanan memuaskan. Manajer selaku pimpinan dari organisasi haruslah mempelajari dan memahami perilaku bawahannya dan mendorongnya demi pencapaian tujuan organisasi secara efektif. Untuk itu, pimpinan, yang mengemban tugas untuk mencapai tujuan organisasi harus melakukan evaluasi prestasi bawahan untuk memastikan apakah mereka telah melaksanakan tugas pelayanan secara baik atau belum.
Copyrights © 2019