Jurnal DISPROTEK
Vol 9, No 2 (2018)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KABUPATEN KUDUS

Nur Aeni Widiastuti (universitas islam nahdlatul ulama jepara)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

ABSTARCT: The success of a learning process influenced by teachers, learning materials, media and student. The problem of this research is How toiimprove student learning outcomes in class V Elementery School of Muslimat NU Kudus using Computer Animation. Computer animation as a medium for teachers deliver the message because the useeof this software is more practical, efficient, can be self-learning and also have some educational value, such as: 1) Can be visualized, 2) to overcome theelimitations of space and time, 3) Can reduce verbal. This study aims to determine improving student learning outcomes in English language learning. This research uses classroom action research in two cycles. In the first ,which in practice only teachers use classroom action research methods and not using the media increased by 5.4 from the pretest 12.36 and posttest 17.76. Then in the second which in its implementation with a class action research methods and using computer animation media also increase 4.11 from pretest 21 and postest 25.11. As for the observation of theffirst cycle included into the category of less and the second cycle included good categories Keyword: Learning Outcome, English, Animation ABSTRAK Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh guru, materi pembelajaran, media dan siswa. Permasalahan dalamnpenelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Muslimat NU Kudus menggunakan animasi komputer. Media Animasi komputer sebagai media bagi guru untuk menyampaikan pesan karena penggunaan perangkat lunak ini lebih praktis, efisien, dapat belajar mandiri dan juga memiliki beberapa nilai pendidikan, seperti: 1) Dapat divisualisasikan, 2) untuk mengatasinketerbatasan ruang dan waktu, 3) Dapat mengurangi verbal. Penelitian ini bertujuanountuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakanmpenelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Yang pertama, prakteknya guru yang menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan tidak menggunakan media mengalami peningkatan 5,4 dari pretest 12,36 dan postest 17,76. Kemudian yang kedua yang dalam implementasinya dengan metode penelitian tindakan kelasedan menggunakan mediaoanimasi komputer juga meningkat 4,11 dari pretest 21 dan postest 25.11. Adapun pengamatan siklus pertama termasuk ke dalamkkategori kurang dan siklus kedua termasuk kategori baik. Kata Kunci : Hasil Belajar,Bahasa Inggris, Animasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JDPT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Jurnal DISPROTEK e-ISSN 2548-4168 p-ISSN 2088-6500 Jurnal di publikasikan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Cakupan isi jurnal DISPROTEK dalam bidang teknik adalah : teknik elektro, teknik sipil, teknik industri; dalam bidang ilmu komputer adalah : teknik ...