Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada guru SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan secara lisan pada saat proses belajar mengajar sesuai dengan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pengamatan dan rekaman. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah: (1) transkripsi data, (2) kodifikasi data, (3) klasifikasi data, (4) interpretasi data, (5) menarik keSimpulan. Temuan penelitian data menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan guru SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Serawai. Bahasa yang digunakan ini mengandung fungsi personal atau pribadi, fungsi direktif, dan fungsi referensial. Tindak tutur yang diTemuankan meliputi tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, dan tindak tutur interogatif.This research purpose was to describe the state of the usage of Indonesian at SMAN 8 South Bengkulu teacher verbally during the learning process in accordance with facts found in the field. Data collection in this research was done by observation and recording technique. Data which have been obtained were analysed with the steps: 1) data collecting, (2) transcription of data, (3) codification of data, (4) classification of data, (5) interpretation of data, (6) making concluding. The results of research show that the use of Ianguage teacher at SMAN 8 Bengkulu Selatan is Indonesian languages anda Serawai languages. This languages included personal function, directive function, and reference function. speech act which yielded included a representative speech act, directive speech act, expressive speech act, and interogative speech act.
Copyrights © 2015