Media Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2017)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA

Asryana, Asryana (Unknown)
Sanapiah, Sanapiah (Unknown)
Kinasih, Indira Puteri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra pada materi luas permukaan kubus dan balok untuk meningkatkan kemampuan spasial dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP kelas VIII dikembangkan mengikuti model pengembangan ADDIE, yaitu: a) analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukan masih terbatasnya media pembelajaran, dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis teknologi GeoGebra digunakan sebagai software utama, dan analisis kurikulum sesuai dengan KTSP; b) design: pengumpulan refrensi, perancangan isi materi sesuai dengan aspek spasial dan flowchart untuk mempermudah pembuatan media pembelajaran; c)  development: pembuatan media pembelajaran, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; d) implemtation: uji coba untuk memperoleh keefektifan penggunaan media; e) evaluation: menganalisis keefektifan media pembelajaran. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengembangan media, lembar keefektifan media dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis pengembangang media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria sangat valid dan valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan skor masing-masing 81,05 dan 74,57. b) keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan penilaian siswa dengan skor 80,83 dan tes hasil belajar dengan persentase 62,91%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran telah memenuhi kualitas valid dan efektif, serta dapat layak digunakan pada proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...