Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas dari Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Materi Garis dan Sudut yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu: terdiri tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development) . Pada tahap pengembangan dilakukan uji efektifitas. Uji efektifitas Media pembelajaran dilakukan pada kelas VII F SMP IT IQRA’ Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif model tutorial pada pokok bahasan garis dan sudut di kelas VII SMP/MTs termasuk dalam kategori sangat efektif dari aspek aktivitas siswa dan guru, respon siswa, dan tes hasil belajar siswa dengan skor 4,23.Kata Kunci : Efektifitas, Media Pembelajaran, tutorial model, Multimedia Interaktif, Garis dan Sudut.
Copyrights © 2017