Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 2, No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI LINGKARAN

Sari, Yuliana Puspita (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan? model kooperatif tipe cooperative script? dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 69,06; 76,4; 86,9 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 28,13%, 40%, 87,09%. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara peserta didik membuat ringkasan dan mengembangkan ringkasan dengan bahasa yang lebih sederhana, membimbing dalam kegiatan eksplorasi dan mengerjakan latihan dan memberi motivasi.?

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...