Latar belakang: Kepatuhan perawat yang kurang dalam melaksanakan pendokumentasianasuhan keperawatan masih menjadi fenomena diberbagai rumah sakit di Indonesia. Fenomenaini tentu memiliki dampak yang negatif baik bagi mutu pelayanan rumah sakit maupun bagipasien. Sebagai seorang manajer, kepala ruangan tentu tidak hanya perlu melakukan supervisinamun perlu juga melakukan mentoring. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan peran mentoring kepala ruangan terhadap kepatuhan perawat dalam melaksanakanpendokumentasian asuhan keperawatan di Rumah Sakit Islam Palembang. Metode: Penelitianini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi melalui pendekatan crosssectional. Sampel berjumlah 63 orang perawat pelaksana dan 63 buah dokumen asuhankeperawatan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan peranmentoring kepala ruangan dengan kepatuhan perawat dalam mendokumentasikan asuhankeperawatan (p=0,413). Saran: Kepala ruangan diharapkan mengoptimalkan peran mentoringagar dapat membantu peningkatan kinerja pelaksanaan pendokumentasian yang dilakukanperawat.Kata Kunci : Peran Mentoring, Pendokumentasian, Asuhan Keperawatan
Copyrights © 2019