Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
Vol 1, No 1 (2014): Volume 1 No.1 Tahun 2014

PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN BINTANG IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO PADA CV. INDAKO TRADING CO RANTAUPRAPAT

Surya Bhakti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) labuhanbatu)
Muda Pardamean Nasution (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat, baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 86 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat. Variabel yang peling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen adalah kredibilitas perusahaan. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda Vario pada CV. Indako Trading Co Rantauprapat mempu dijelaskan oleh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas bintang iklan sebesar 45,9%, sementara sisanya sebesar 54,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, misalnya harga, kualitas produk, desain, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ecobisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat ...