Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
Vol 3, No 1 (2016): ECOBISMA

PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA BRASTAGI SUPERMARKET RANTAUPRAPAT

Sori Salbiah Lubis, Bayu Eko Broto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat. Sampel penelitian ini berjumlah 96 orang yang diambil menggunakan rumus Supramono dan Haryanto. Teknik penentuan sampel adalah metode Purposive Sampling. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisien determinasi.Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui bahwa persepsi kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai thitung > ttabel yaitu 5,376 > 1,66140 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasan pelanggan (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai thitung > ttabel yaitu 7,602 > 1,66140 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) diketahui bawah pesepsi kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang pada Brastagi Supermarket Rantauprapat, dimana nilai Fhitung > Ftabel (82,733 > 3,09) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,632, yang berarti 63,2% minat pembelian ulang dapat dijelaskan oleh persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 36,8% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ecobisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat ...