Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantu media audio visual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 55% meningkat pada siklus II menjadi 68 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantu media audio visual dapat memecahkan masalah peda pelajaran PPKn yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci ; Pembelajaran Berbasis Masalah; Audio Visual; Pendidikan Kewarganegaraan.
Copyrights © 2018