Cakrawala Indonesia
Vol 2 No 1 (2017): Mei

KEMAMPUAN MENYIMAK WACANA NARASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 5BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Dwi Novita (STKIP Muhammadiyah Rappang)
Risman Hasan (STKIP Muhammadiyah Rappang)
Jumiati Lanta (STKIP Muhammadiyah Rappang)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyimak wacana narasisiswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang periode tahun 2016/2017, terdiri atas 26 siswa. Penarikan sampel dilakukan sebanyak 100% atau sebanyak 26 siswa, yaitu keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa alat tes untuk mengukur tingkat kemampuan menyimak wacana narasi siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkansebanyak 9 siswa atau sebesar 34,62% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas dan sebanyak 17 siswa atau sebesar 65,38% siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75. Hal ini membuktikan bahwa siswa kelas VI SD Negeri 5 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang belum mampu menyimak wacana narasi karena tidak mencapai target yang ditentukan yakni sebanyak 85% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...