Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam fabel online. Penelitian ini menggunakan pendekatan sastra anak dan pendidikan karakter. Metode yang dipakai dalam penelitian, yakni kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data yakni berdasarkan kepustakaan. Analisis data berdasarkan analisis deskriptif dan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian, yaitu fabel bertema pendidikan karakter yang diunduh melalui web penuliscilik.com/. Nilai karakter diuraikan secara terperinci sesuai dengan kutipan yang terdapat dalam teks fabel. Analisis data melalui tahapan pereduksian data, penyajian, pengambilan simpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan 10 nilai karakter dalam tujuh fabel di antaranya: (a) fabel Buaya yang Serakah, yakni karakter banyak akal/cerdas; (b) Anak Beruang sakit Gigi, yakni karakter religius dan disiplin; (c) Anak Bebek Buruk Rupa , yakni karakter mandiri dan bersahabat/komunikatif, (d) Ikan dan Burung, yakni karakter peduli lingkungan, (e) Kancil, yakni bijaksana; (f) Kepiting Merah dan Tipu Muslihat Bangau, yakni karakter rasa ingin tahu; (g) Keputusan Sang Raja Rimba, yakni karakter cinta tanah air, bijaksana dan visioner.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019