Jurnal Politikom Indonesiana
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Politikom Indonesiana

MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN KARAWANG

Maulana Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

AbstrakPerubahan  struktur  politik  di  Indonesia  setelah  jatuhnya  rezim  Soeharto  dianggap  sebagai  angin segar bagi tumbuhnya demokrasi di negeri ini. Lahirnya partai-partai baru dan perubahan sistem pemilu  membawa  dinamika  baru  perpolitikan  nasional.Di  era  multipartai  seperti  sekarang  ini, marketing  politik  menjadi  kebutuhan  yang  tidak  terelakkan,  tak  terkecuali  partai  Gerindra  yang bisa dianggap partai medioker untuk bisa memenangkan kontestasi politik pada pemilu legislatif 2014.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analitis yang bertujuan  untuk  menggambarkan  gejala  atau  kenyataan  yang  ada.  Temuan  dalam  penelitian  ini mengkonfirmasi bahwa partai Gerindra menggunakan strategi marketing politik yang terdiri dari 4 aspek,  yaitu;  manajemen  kampanye,  analisis  atau  riset  pasar,  pengembangan  strategi  politik  dan strategi kampanye politik.  Sehingga pada hasil rekapitulasi suara  pemilu legislatif 2014, peringkat partai Gerindra naik secara signifikandi Kabupaten KarawangKata kunci: Marketing politik, partai Gerindra, pemilu legislatif 2014

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

politikomindonesiana

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Politikom Indonesiana, adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi. Melalui kerjasama UNSIKA dan UNPAD, maka jurnal Politikom ...