ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus pada UnitLayanan Pengadaan Secara Elektronik di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) . Penelitian inidilatarbelakangi oleh pelayanan dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Kabupaten Sumedang yangbelum maksimal seperti lambannya layanan elektronik untuk diakses pengusaha yang akan mengikuti pengadaanbarang dan jasa, kapasitas server yang masih kecil sehingga seringkali ada kerusakan berkas penawaran milikpengusaha yang juga tidak bisa diakses oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan Sumber Daya Manusia yangbelum optimal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan tujuan dapatmenggambarkan dan menjelaskan bagaimana pelayanan publik berbasis e-government di Kabupaten Sumedangyaitu pelayanan dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Teknik pengumpulan data dilakukan melaluiobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan publik dalam pengadaanbarang dan jasa di Kabupaten Sumedang sudah dilakukan dengan berbasis eletronic government yaitu denganmenggunakan teknologi dan informasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan pelayanan khususnya kepadapara pengusaha yang akan mengikuti pengadaan barang dan jasa. Kualitas pelayanan publik yang diberikan olehpemerintah dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik tersebut dapat dilihat dari kriteria efektivitas,kriteria efisiensi, kriteria keadilan, dan kriteria daya tanggap. Namun dari keempat kriteria tersebut masih adakekurangan dari kriteria daya tanggap bahwa masih sedikit dari pegawai yang ahli di bidang teknologi daninformasi dalam pengadaan secara elektronik sehingga pemerintah Kabupaten Sumedang harus bisa meningkatkankualitas pelayanan yang lebih baik dalam pengadaan barang dan jasa secara elektonik.Kata Kunci : Pelayanan publik, E-Government Introduction Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang go
Copyrights © 2017